Jumat, 01 April 2011

Tips Bisnis: Gagasan Bisnis

Ada pemahaman bahwa orang yang datang dengan gagasan orisinil, bisa jadi memang ia jenius atau hanya beruntung. Hal ini tidak! Kamu pun dapat membuat keberuntungan sendiri, dan mengungkapkan gagasan barumu. Masalahnya adalah memilih mana yang tepat untuk kamu, dan mewujudkannya. Seperti yang dikatakan pasar, jenius adalah 1% inspirasi dan 99% kerja keras. Bila kamu memahami dari mana gagasan bisnis datang, dengan kondisi apapun, kamu juga bisa menghasilkan suatu ide sendiri.

Berikan apa yang orang inginkan

Apakah kamu pernah frustasi mencari produk yang tidak disediakan orang? pernah mendengar berita tetangga mengeluh karena harus jauh mencari tempat pencucian pakaian? Pernah mendengar kota kamu mencari suatu produk dan tak seorang pun menyediakannya? Dapatkah kamu mengatasi masalah kamu mengatasi masalah ini? Berikanlah apa yang mereka inginkan dan kamu bisa mempunyai titik awal bisnis yang menguntungkan.

Saya bisa mengerjakan

Sebagian besar orang mempunyai kecakapan dalam suatu hal. Kamu boleh jadi mengetahui segala hal tentang bisnis musik, atau kamu adalah tipe orang yang percaya diri, dan menganggap dapat menjual apa saja kepada setiap orang, kapan saja, dimana saja. Apakah gagasan cemerlang selalu muncul dalam kepala kamu akan memulai langkah awal suatu bisnis yang menguntungkan. Tentu saja, kamu memperbolehkan orang lain memecahkan masalah sebelum kamu terlibat. Kamu bisa mencoba bisnis yang tak seorang pun pernah memulainya di daerahmu. Kamu boleh mengambil waralaba atau membeli bisnis yang ada. Sering kali suatu bisnis telah dicoba dan diuji oleh orang lain.

Inspirasi

Apakah orang yang kreatif? Apakah kamu selalu datang dengan gagasan cerdas? Apakah kamu orang yang praktis, yang selalu mengerjakan pekerjaan dengan benar? Apa saja tipe kamu, bila kamu ingin menjalankan bisnis sukses, kamu harus belajar bagaimana menggunakan imajinasimu untuk mengatasi masalah. Bisnis adalah segala hal tentang memecahkan masalah. Itu alasannya mengapa orang yang membayar untuk barang atau jasa. Sementara sebagian orang lebih baik dari yang lainnya, akan selalu ada cara-cara untuk meningkatkan kemampuan kamu untuk mencari solusi.

Perubahan akan menstimulasi lahirnya suatu imajinasi. Perubahan juga memicu merubah pandanganmu ke dalam suatu cara berpikir yang baru. Hal itu membantu gagasan baru mengalir dan membuatmu terbuka mengenai apa yang mungkin dilakukan. Untuk mendapatkan imajinasi, kamu tidak harus pergi jauh. Kamu dapat memperoleh stimulasi sederhananya dengan mengubah aktifitas rutin. Buatlah upaya untuk bertemu orang-orang yang berbeda. Pergilah ke beberapa kota dua atau tiga hari, tentub bila kamu memiliki uang. (RED dari Bright Ideas, Project North East and LiveWire Youth Enterprise)

Mini Tips Memulai Bisnis
Seringkali kita bingung harus dari mana dan apa yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis. Nah, berikut tipsnya:

Mental
Mental pemenang harus dipupuk, karena saat memulai berbisnis, anda harus siap menghadapi segala tantangan.

Analisa
Sebelum membangun usaha sendiri, pastikan anda melakukan analisa pasar dulu untuk mengetahui jenis usaha. Selanjutnya analisa modal usaha dan strategi apa yang akan di lakukan untuk membangun dan mengembangkan usaha anda.

Jenis Usaha
Pilih jenis usaha dulu sebelum memulai usaha, karena jika tidak mempunyai jenis usaha yang tepat dengan hobi, karakter dan modal, maka akan susah untuk mengambil langkah. Contoh jenis usaha yang mungkin dilakukan diantaranya sewa mobil, toko komputer, busana, meubel, dan lain sebagainya.

Modal
Untuk menjadi seorang wirausaha, harus memiliki modal. Boleh saja tabungan itu dari tabungan sendiri, modal pinjaman Bank, kredit tanpa agunan, dan lainnya. (ASP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar