Jumat, 01 April 2011

Bisnis Menjanjikan Bersama Alam

Bisnis Menjanjikan Bersama Alam

Belakangan, masyarakat mulai melirik wisata alam pedesaan sebagai alternatif mengisi liburan sebagai pelipur penat oleh hiruk pikuk perkotaan yang penuh polusi. Wisata alam pedesaan dipilih karena dianggap lebih ampuh menyegarkan pikiran, sehingga dapat merasakan hijaunya suasana alam. Selain itu, banyak mereka yang memanfaatkan wisata alam sebagai mesin inspirasi untuk mengembangkan bisnis.

Untuk menggaet wisatawan, mutlak adanya fasilitas pendukung sebagai sarana kenyamanan dan ciri khas tempat wisata. Oleh sebab itu, desain fasilitas yang disediakan menuntut relevansi citra yang diinginkan pengelola. Wisata alam di desa Gonoharjo, kecamatan Limbangan, Kendal, misalnya. Wisata ini menawarkan pelbagai fasilitas, sebagai kiat menarik perhatian pengunjung, sebut saja pemandian air panas, kolam renang air pegunungan, taman bermain anak-anak, kafetaria dengan lokasi di atas air yang didesain rumah adat jawa, bumi perkemahan (camping ground), out bound, kebun binatang mini, tanaman bunga (intan nursery), kolam pancing, gasebo, vila desain rumah adat beberapa kota seperti Pati, Demak, Lombok, Minahasa dan sebagainya, beserta tempat ibadah.

Selain di Limut, wisata alam yang tak kalah populer adalah Umbul Sidomukti, obyek wisata yang bertempat di Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang itu, menawarkan fasilitas menarik seperti  kolam renang alam yang disebut-sebut tertinggi se Indonesia bahkan se Asia. Untuk menciptakan suasana nyaman, dinding kolam renang dibuat dengan tumpukan batu alam. ”Dinding kolam ini disusun dari tumpukan batu alam. Ini menjadikan penampilannya lebih unik, natural dan terasa akrab bagi pengunjung,” jelas Manajer Lapangan PT Panorama Agro Sidomukti Bambang Wijanarko.

Obyek yang dibangun 2 Agustus 2007 itu, menawarkan permainan menantang seperti flying fox yang dibangun antara lembah sepanjang 110 meter dan 60 meter dengan ketinggian 70 meter dan kedalaman lembah lebih dari 70 meter. Jembatan tali (marine bridge) sepanjang 60 meter yang memacu adrenalin juga dapat menggaet pengunjung sebagai sasaran bisnis yang menggiurkan. “Yang menjadi garis bawah adalah makin nyaman fasilitas memanjakan pengunjung, makin lancar bisnis apa pun yang ditekuni,” kata direktur Entrepreneur University Semarang Bambang Trihono.

Tim Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispartabud) Kabupaten Semarang Yossiadie BS, memuji inovasi PT PAS mengelola wisata alam tersebut. ”Kuncinya adalah profesional. Saya sepakat swastanisasi wisata berpotensi, agar dunia pariwisata di kabupaten ini cepat maju,” tegas Yossiadie, penggerak One Day Tour di kabupaten tersebut. Ia juga berharap pemerintah di Kabupaten Semarang bisa kompak mencintai pariwisata yang menjadi salah satu sektor andalan setempat.

Sebidang tanah beserta alam sekitar pun bisa menjadi peluang bisnis menggiurkan apabila ada kemauan. Hanya saja butuh ide (ideas), kreatifitas (creativity), dan keberanian (bravery). (WRD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar