Jumat, 01 April 2011

Profil: Jalan Menuju Pengusaha Gaya Bob Sadino

Jalan Menuju Pengusaha Gaya Bob Sadino

Inilah The Bob Sadino Way dalam menapaki jalan menjadi pengusaha (entrepreneur). Pengusaha yang sukses membesarkan Kemchiks ini mempunyai gaya entreprenuerial yang cukup inspiratif dan nyentrik. Berbicara dalam sebuah seminar yang diadakan STIE Indonesia 28 oktober tahun lalu, Bob Sadino memaparkan pandangan dan berbagai trik keberhasilannya menjadi wirausahawan handal.

Dalam menelusuri jalan entrepreneurialnya, Bob Sadino mengaku tak menggunakan kiat. Baginya kiat adalah hasil keuletannya membangun usaha. ”Saya justru bisa begini karena tidak pakai kiat,” ujarnya. Ia juga menyatakan, persaingan adalah vitamin untuk mencapai kesempurnaan. Berkaca dari pengalaman, ketika ia membangun Kemchiks yang dikenal sebagai produsen sozis berkualitas tinggi. Ada seseorang yang ingin mengetahui bagaimana membuat sozis unggulan ala Kemchiks. Dengan senang hati, Bob mengajarkan tehnik memproduksi sozis yang baik dan berkualitas tinggi. ”Bahkan saya memberikan trik dan dimana alat produksinya didapat,” tuturnya.

Selang beberapa hari, ia didiamkan oleh anak-anaknya. ”Saya heran kenapa mereka mendiamkan saya,” pikir Bob bingung. Akhirnya, ia bertanya kepada mereka, sontak jawaban mereka seragam. Ia disalahkan karena membuka rahasia perusahaan kepada pesaingnya yang akan mematikan pasar sozis Kemchiks. Apa yang ada di benak Bob berlainan dengan mereka. ”Ini semua saya lakukan agar kalian bekerja dan tidak tidur saja, buat produk yang lebih unggul agar tak bisa disaingi begitu saja,” katanya singkat.

Ikatan emosional yang lekat dengan pelanggan adalah satu dari sekian banyak keunggulan Kemchiks yang sulit ditandingi pemain mana pun.
Untuk membangun bisnis yang langgeng, Bob menuturkan, jangan memulai usaha pada bidang-bidang yang sedang tren, karena kecenderungan gagalnya tinggi. ”Pilih yang sedang tidak tren,” katanya. Sebab, bob memberikan tips yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha, agar mampu menjalani proses dengan tepat.

Untuk memulai usaha, Bob mengatakan, harus menjalani pra kondisi. Diantaranya, calon entrepreneur harus bebas berpikir atau memerdekakan dirinya dari berbagai beban atau target yang justru akan melemahkan tekadnya untuk memulai usaha. Selain itu, hilangkan rasa takut. Karena rasa takut berlebihan akan menghambat untuk memulai usaha. Dan jangan berharap langsung untung. ”Baru mulai, tapi mindset-nya ingin langsung untung, lepaskan belenggu jalan pikiran. karena semua itu adalah sampah,” tambah Bob.

Jalan Menuju Pengusaha (Road to Entrepreneur) gaya Bob Sadino tak sampai di situ. Berwirausaha, kata Bob, butuh sandaran-sandaran sikap untuk bertahan. Sandaran itu meliputi kemauan atau tekad untuk mewujudkan ide dari peluang-peluang yang ada. Kemudian pengusaha yang handal, dalam pandangan Bob, juga harus berani mengambil peluang. Keberanian itu berbanding lurus dengan kesigapannya menunggangi berbagai kesempatan yang ada di depan mata.

Terakhir, kata Bob, pengusaha yang berhasil itu tidak cengeng dan tahan banting. ”Gagal sekali, jangan langsung berhenti, tetapi coba dan coba lagi,” katanya. Orang berhasil dalam pandangan Bob, adalah 99 persen kegagalan, namun harus bangkit lagi. Belajar dan bersyukur (thanks) pada sang pencipta juga adalah kunci sukses. (MDH diolah dari Business Opportunity)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar